Langkah-langkah Pembelajaran Model CIRC dalam Materi Pokok Kubus, Balok, Prisma Tegak, dan Limas
Pada pukul 07.00 dimulai kegiatan pendahuluan, yaitu dilakukan salam, berdoa dan presensi kehadiran siswa. Dalam pendahuluan guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran, manfaat pembelajaran, apersepsi dan motivasi selama 5 menit. Setelah pendahuluan dilanjutkan kegiatan inti yang dirinci sebagai berikut :
1) Sepuluh menit pertama, guru mengadakan tanya jawab yang mengarah pada materi bangun ruang dengan ilustrasi dari soal cerita sampai bagaimana menyelesaikan soal cerita
2) Guru membentuk kelompok heterogen prestasi belajar matematikanya yang terdiri dari 4 siswa dan membagikan 4 soal cerita yang berkaitan dengan kubus dan balok tiap siswa dalam kelompoknya
3) Selama 20 menit, setiap kelompok bekerjasama untuk menyelesaikan soal, salah satu anggota kelompok membacakan soal, membuat prediksi dan menafsirkan isi soal cerita, menuliskan apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, saling membuat ikhtisar dan rencana penyelesaian soal, menuliskan penyelesaian soal secara urut, dan saling merevisi jika ada yang perlu direvisi. Ketua kelompok melaporkan keberhasilan kelompoknya atau melapor jika ada kesulitan
4) Guru meminta kepada perwakilan kelompok untuk menyajikan hasil kerja kelompok di depan kelas.
5) Guru bersama-sama dengan siswa membahas hasil kerja kelompok dan mengarahkan jawaban yang masih salah serta menjelaskan strategi pemecahan soal cerita yang berkaitan dengan kubus dan balok.
6) Guru memberikan kuis individual selama 10 menit.
Setelah kegiatan inti dilanjutkan penutup, diantaranya guru membuat kesimpulan dan memberikan tugas/PR
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
silahkan isi komentar dengan bahasa sopan