Social Icons

Jumat, 25 Desember 2015

RPP Hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah      : SMP Negeri 3 Talang.
Mata Pelaajaran    : Matematika
Kelas/Semester     : VIII/ Dua
Topik                   :  Hubungan sudut pusat, panjang   busur, dan luas juring
Alokasi waktu       : 1x 40 menit

A.  Kompetensi Inti
KI 1    :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2    :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3    :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4    :  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 B.  Kompetensi Dasar
2.2         Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
3.7     Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa mampu :
1.    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam melakukan penyelidikan tentanghubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
2.    Bertanggungjawab dalam kelompok belajarnya.
3.    Menggambar atau mengarsir daerah juring, busur lingkaran dengan sudut pusat tertentu.
4.    Menemukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding.
5.    Menentukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran.

D.  Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok, siswa dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab kelompok dalam :
1.   Menunjukkan  perilaku rasa  ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari  hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
2.   Bertanggung jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
3.   Menggambar atau mengarsir daerah juring, panjang busur lingkaran dengan sudut pusat tertentu.
4.   Menemukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding.
5.   Menentukan besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran

E.  Materi Ajar
Sudut pusatadalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jariyang berpotongan pada pusat lingkaran. Busur lingkaran merupakan garis lengkung yang terletakpada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang dilengkungantersebut.Juring lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh duabuah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jarilingkaran tersebut.
Pada gambar lingkaran disamping, diketahui ÐAOB merupakan sudut pusat, garis lengkungAB merupakan busur AB sedangdaerah arsiran OAB merupakan juring OAB.
Panjang busur dan luas juring pada suatu lingkaran berbandinglurus dengan besar sudut pusatnya. Pada gambar di samping dapat diperoleh perbandingan sebagai berikut :
Jika Ð COD = satu putaran penuh = 360°, maka keliling lingkaran = 2πr dan luas lingkaran = πr2 dengan r jari-jari, dapat diperoleh perbandingan :
atau
Jadi perbandingan antara sudut pusat dengan sudut satu putaran, panjangbusur dengan keliling lingkaran, serta luas juring dengan luas lingkaranadalah senilai. Dengan demikian, diperoleh rumus panjang busur AB dan luas juring OAB pada gambar di atas adalah :
Panjang busur AB = x 2πr
Luas juring OAB = x πr2
Contoh soal :
Perhatikan lingkaran pada gambar di samping. Jika jari-jari lingkaran 6 cm dan ÐAOB = 600, tentukanpanjang busur AB dan luas juring OAB !
Penyelesaian :
Panjang busur AB = x 2πr
= x 2x 3,14 x6 cm = 6,28 cm
Luas juring OAB = x πr2
= x3,14 x62 cm2 = 18,84 cm2

F.   Metode Pembelajaran
Menggunakan pendekatam saintifik melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan kelompok, penemuan, dan demonstrasi

G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa;
2.      Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
3.      Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru tentang manfaat belajar materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam kehidupan sehari-hari;
4.      Guru mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
5.      Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, pemajangan hasil latihan)
6.      Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab

5 menit
Inti
Mengamati:
1.     Siswa mengamati, mencermati dan menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juringmelalui tampilan gambar media tayang powerpoint.
Menanya
2.    Siswa diminta untuk membuat pertanyaan dari hasil mengamati terkait besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring lingkaran.
Mengumpulkan Informasi
3.    Siswa membentuk kelompok terdiri dari 3 – 4 orang yang heterogen kemampuan belajarnya.
4.    Siswa secara berkelompok menganalisis, menalar, mencoba dan menyimpulkan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juringmelalui tugas lembar kerja siswa (LKS).
Mengolah Informasi
5.    Secara kelompok, siswa berdiskusi membahas penyelesaian tugas LKS. Anggota  kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukan.
Mengkomunikasikan
6.    Beberapa siswa wakil kelompok melaporkan hasil penyelesaian LKS. Siswa tersebut ditunjuk secara acak oleh guru;
7.     Siswa dan guru membahas hasil penyelesaian LKS. Guru memberikan umpan balik;
8.     Guru memberikan kuis tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
9.     Siswa dan guru membahas penyelesaian kuis. Guru memberi umpan balik.
10. Hasil LKS dan kuis terbaik dipajang di tempat pajangan hasil karya.
11. Guru memberi pujian untuk kelompok dan siswa dengan nilai terbaik
30 menit
Penutup
1.      Siswa dan guru merangkum isi pembelajaran yaitu tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring. 
2.      Siswa melakukan refleksi dengan dipandu oleh Guru.
3.      Guru memberi pekerjaan rumah mengerjakan latihan 2 buku paket matematika kelas VIII SMP.
4.      Guru menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
5 menit

H.  Alat/Media/Sumber Pembelajaran
1.      Penggaris
2.      Busur derajat
3.      Alat peraga sudut pusat, busur dan juring lingkaran
4.      Lembar kerja siswa (terlampir)
5.      Bahan tayang powerpoint (terlampir)
6.      Lembar penilaian kuis
7.      Buku Paket Matematika SMP kelas VIII
8.      Bahan Pekerjaan Rumah dalam Buku Paket Matematika Kelas VIII

I.     Penilaian
1.    Teknik Penilaian    : Pengamatan, tes tertulis
2.    Prosedur Penilaian :
No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Keg inti no 1,2
2.
Tanggung jawab
Pengamatan
Keg inti no 3,4, 5
3.
Pengetahuan
Kuis
Keg inti no 7

3.Instrumen Penilaian
Kuis(Waktu : maksimal 10 menit)
Petunjuk mengerjakan :
a.    Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh mencontek dan tidak boleh bekerja sama.
b.    Jawablah dengan diberi urutan prosesnya !
Pertanyaan :
1.    Perhatikan gambar, buatlah pada gambar :
a.    sudut pusat AOB = 400 dan arsirlah juring AOB
b.    sudut pusat COD =850 dan arsirlah juring COD
2. Pada gambar di sampingÐPOQ = 72o, panjang busur PQ= 36 cm dan panjang busur RS= 32 cm dan luas juring 27 cm2. Hitung :
a. besar ÐROS
b. luas juring ROS
c. keliling lingkaran
Kunci Jawaban
1.




2.a.
ÐROS =   = 640
b.
Luas juring ROS =   = 24 cm2
c.
Keliling lingkaran = = 180 cm
Pedoman Penilaian
No Soal
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
Skor Maksimal
1.a.
Ketepatan membuat sudut dan arsiran juring
Benar
4
4
Sedikit kesalahan
3
Masih banyak kesalahan
2
Salah
1
Tidak ada jawaban
0
1.b.
Ketepatan membuat sudut dan arsiran juring
Benar
4
4
Sedikit kesalahan
3
Masih banyak kesalahan
2
Salah
1
Tidak ada jawaban
0
2.a.
Jawaban Akhir
Benar
2
2
Salah
1
Tidak ada jawaban
0
Langkah/ Proses
Benar
2
2
Sebagian benar
1
Tidak ada cara jawaban
0
2.b
Jawaban Akhir
Benar
2
2
Salah
1
Tidak ada jawaban
0
Langkah/ Proses
Benar
2
2
Sebagian benar
1
Tidak ada cara jawaban
0
2.c.
Jawaban Akhir
Benar
2
2
Salah
1
Tidak ada jawaban
0
Langkah/ Proses
Benar
2
2
Sebagian benar
1
Tidak ada cara jawaban
0

Skor maksimal =
-
20

Skor minimal =
-
0

Nilai =

Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap (terlampir)
Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan (terlampir)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

silahkan isi komentar dengan bahasa sopan