RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 3 Talang.
Mata Pelaajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/ Dua
Topik : Hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
Alokasi waktu : 1x
40 menit
A. Kompetensi Inti
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI
4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
2.2
Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi mempelajari hubungan sudut
pusat, panjang busur, dan luas juring.
3.7 Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Siswa
mampu :
1. Menunjukkan
rasa ingin tahu dalam melakukan penyelidikan tentanghubungan sudut pusat, panjang busur, dan
luas juring.
2. Bertanggungjawab
dalam kelompok belajarnya.
3. Menggambar
atau mengarsir daerah juring, busur lingkaran dengan sudut pusat tertentu.
4. Menemukan
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah
senilai/seharga/sebanding.
5. Menentukan
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang
berkaitan dengan masalah lingkaran.
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok,
siswa dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan tanggung jawab kelompok dalam :
1. Menunjukkan perilaku rasa
ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah dan masyarakat
sebagai wujud implementasi mempelajari hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas
juring.
2. Bertanggung
jawab terhadap kelompoknya dalam menyelesaikan tugas
3. Menggambar
atau mengarsir daerah juring, panjang busur lingkaran dengan sudut pusat
tertentu.
4. Menemukan
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah
senilai/seharga/sebanding.
5. Menentukan
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang
berkaitan dengan masalah lingkaran
E. Materi Ajar
Sudut pusatadalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jariyang berpotongan
pada pusat lingkaran. Busur lingkaran merupakan garis
lengkung yang terletakpada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang dilengkungantersebut.Juring
lingkaran adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh duabuah
jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jarilingkaran
tersebut.
Jika
Ð COD = satu putaran penuh = 360°,
maka keliling lingkaran = 2πr dan luas lingkaran = πr2 dengan r
jari-jari, dapat diperoleh perbandingan :
atau
Jadi perbandingan antara sudut pusat
dengan sudut satu putaran, panjangbusur dengan keliling lingkaran, serta luas
juring dengan luas lingkaranadalah senilai. Dengan demikian, diperoleh rumus
panjang busur AB dan luas juring OAB pada gambar di atas adalah :
Panjang
busur AB =
x 2πr
Luas
juring OAB =
x πr2
Perhatikan lingkaran pada gambar di samping. Jika jari-jari
lingkaran 6 cm dan ÐAOB = 600, tentukanpanjang busur AB dan luas juring OAB !
Penyelesaian
:
Panjang busur AB =
x 2πr
=
x 2x 3,14 x6 cm = 6,28 cm
Luas
juring OAB =
x πr2
=
x3,14 x62 cm2 = 18,84
cm2
F.
Metode
Pembelajaran
Menggunakan
pendekatam saintifik melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan kelompok,
penemuan, dan demonstrasi
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan mengajak siswa
berdoa;
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa;
3.
Siswa mendengarkan dan menanggapi
cerita guru tentang manfaat belajar materi hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam
kehidupan sehari-hari;
4.
Guru mengkomunikasikan tujuan belajar
dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa;
5.
Guru menginformasikan cara belajar
yang akan ditempuh (pengamatan dan demonstrasi disertai tanya jawab, latihan
individu dilanjutkan kelompok, pembahasan latihan secara klasikal, pemajangan
hasil latihan)
6.
Guru mengecek kemampuan prasyarat
siswa dengan tanya jawab
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati:
1.
Siswa mengamati, mencermati dan
menjawab pertanyaan terkait contoh peristiwa sehari-hari tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan
luas juringmelalui tampilan gambar media
tayang powerpoint.
Menanya
2.
Siswa diminta
untuk membuat pertanyaan dari hasil mengamati terkait
besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring lingkaran.
Mengumpulkan
Informasi
3. Siswa membentuk kelompok terdiri
dari 3 – 4 orang yang heterogen kemampuan belajarnya.
4. Siswa secara berkelompok
menganalisis, menalar, mencoba dan menyimpulkan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan
luas juringmelalui
tugas lembar kerja siswa (LKS).
Mengolah
Informasi
5.
Secara kelompok, siswa berdiskusi
membahas penyelesaian tugas LKS. Anggota
kelompok saling memeriksa, mengoreksi dan memberikan masukan.
Mengkomunikasikan
6.
Beberapa siswa wakil kelompok
melaporkan hasil penyelesaian LKS. Siswa tersebut ditunjuk secara acak oleh
guru;
7.
Siswa dan guru membahas hasil
penyelesaian LKS. Guru memberikan umpan balik;
8.
Guru memberikan kuis tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan
luas juring.
9.
Siswa dan guru membahas penyelesaian kuis. Guru memberi
umpan balik.
10. Hasil LKS dan kuis terbaik dipajang di
tempat pajangan hasil karya.
11. Guru memberi
pujian untuk kelompok dan siswa dengan nilai terbaik
|
30 menit
|
Penutup
|
1. Siswa dan guru merangkum isi
pembelajaran yaitu tentang hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
2. Siswa melakukan refleksi dengan
dipandu oleh Guru.
3.
Guru memberi pekerjaan rumah mengerjakan latihan 2 buku paket
matematika kelas VIII SMP.
4. Guru
menginformasikan garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, yaitu menyelesaikan permasalahan nyata yang
terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring.
|
5 menit
|
H. Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Penggaris
2. Busur
derajat
3. Alat
peraga sudut pusat, busur dan juring lingkaran
4. Lembar
kerja siswa (terlampir)
5. Bahan
tayang powerpoint (terlampir)
6. Lembar
penilaian kuis
7. Buku
Paket Matematika SMP kelas VIII
8. Bahan
Pekerjaan Rumah dalam Buku Paket Matematika Kelas VIII
I.
Penilaian
1. Teknik
Penilaian : Pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur
Penilaian :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Rasa ingin tahu
|
Pengamatan
|
Keg inti no 1,2
|
2.
|
Tanggung jawab
|
Pengamatan
|
Keg inti no 3,4, 5
|
3.
|
Pengetahuan
|
Kuis
|
Keg inti no 7
|
3.Instrumen Penilaian
Kuis(Waktu
: maksimal 10 menit)
Petunjuk mengerjakan :
a. Kerjakan
soal berikut secara individu, tidak boleh mencontek dan tidak boleh bekerja
sama.
b. Jawablah
dengan diberi urutan prosesnya !
1. Perhatikan
gambar, buatlah pada gambar :
a. sudut
pusat AOB = 400 dan arsirlah juring AOB
b. sudut
pusat COD =850 dan arsirlah juring COD
a. besar ÐROS
b. luas juring ROS
c.
keliling lingkaran
1.
ÐROS
=
= 640
b.
Luas
juring ROS =
= 24 cm2
c.
Keliling
lingkaran =
= 180 cm
Pedoman
Penilaian
No Soal
|
Aspek Penilaian
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
Skor Maksimal
|
1.a.
|
Ketepatan membuat sudut dan arsiran juring
|
Benar
|
4
|
4
|
Sedikit kesalahan
|
3
|
|||
Masih banyak kesalahan
|
2
|
|||
Salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
1.b.
|
Ketepatan membuat sudut dan arsiran juring
|
Benar
|
4
|
4
|
Sedikit kesalahan
|
3
|
|||
Masih banyak kesalahan
|
2
|
|||
Salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
2.a.
|
Jawaban Akhir
|
Benar
|
2
|
2
|
Salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
Langkah/ Proses
|
Benar
|
2
|
2
|
|
Sebagian benar
|
1
|
|||
Tidak ada cara jawaban
|
0
|
|||
2.b
|
Jawaban Akhir
|
Benar
|
2
|
2
|
Salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
Langkah/ Proses
|
Benar
|
2
|
2
|
|
Sebagian benar
|
1
|
|||
Tidak ada cara jawaban
|
0
|
|||
2.c.
|
Jawaban Akhir
|
Benar
|
2
|
2
|
Salah
|
1
|
|||
Tidak ada jawaban
|
0
|
|||
Langkah/ Proses
|
Benar
|
2
|
2
|
|
Sebagian benar
|
1
|
|||
Tidak ada cara jawaban
|
0
|
|||
Skor maksimal =
|
-
|
20
|
||
Skor minimal =
|
-
|
0
|
Nilai =
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap
(terlampir)
Lembar
Pengamatan Penilaian Keterampilan (terlampir)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
silahkan isi komentar dengan bahasa sopan