Guna lebih meningkatkan prestasi belajar
matematika, terutama dalam
menyelesaikan soal-soal matematika ada beberapa keterampilan yang harus
dimiliki. Menurut Depdiknas (2003: 12) beberapa keterampilan untuk meningkatkan
kemampuan memecahkan masalah adalah:
a.
Memahami
soal, yaitu memahami dan mengidentifikasi fakta atau informasi yang diberikan,
apa yang ditanyakan, diminta untuk dicari, atau dibuktikan.
b.
Memilih
pendekatan atau strategi pemecahan, misalkan menggambarkan masalah dalam bentuk
diagram, memilih dan menggunakan pengetahuan aljabar yang diketahui dan konsep
yang relevan untuk membentuk model atau kalimat matematika.
c.
Menyelesaikan
model, yaitu melakukan operasi hitung secara benar dalam menerapkan strategi
untuk mendapatkan solusi dari masalah.
d.
Menafsirkan
solusi, yaitu memperkirakan dan memeriksa kebenaran jawaban, masuk akalnya
jawaban, dan apakah memberikan pemecahan terhadap masalah semula.
Pendapat lain dikemukakan oleh Polya dalam
Wonosetyabudhi (2003: 2) yang menyebutkan ada empat langkah yang perlu
dilakukan dalam menyelesaikan soal, yaitu : memahami soal yang ada, menyusun
strategi, melakukan strategi yang dipilih, dan melihat kembali pekerjaan yang
telah dilakukan.
a.
Memahami soal yang ada
Dalam
memahami soal hendaknya diperhatikan apakah arti semua kata yang digunakan
dapat diketahui, selain mengetahui apa yang dicari atau ditanyakan. Kemudian hendaknya kita mampu menyajikan
soal dengan menggunakan kata-kata sendiri. Jika diperlukan dapat digambar untuk
membantu memahami. Perlu juga dipahami apakah terdapat yang perlu dicari
sebelum menjawab soal.
b.
Menyusun strategi
Untuk
menyelesaikan masalah dalam soal, hendaknya disusun strategi yang baik,
diusahakan jangan ragu-ragu untuk mencoba salah satu strategi guna digunakan
menyelesaikan masalah. Pada umumnya,
strategi berhasil ditemukan setelah beberapa kali mencoba strategi yang gagal.
Kegagalan adalah satu langkah yang kecil untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
c.
Melakukan strategi yang dipilih
Langkah ini lebih mudah dibandingkan
menyusun strategi. Di sini hanya diperlukan kesabaran dan kehati-hatian untuk
menjalankan.
d.
Melihat kembali pekerjaan yang telah dilakukan
Hal ini
dimaksudkan untuk mengevaluasi, apakah terdapat kesalahan dalam jawaban atau penyelesaian yang diberikan.
Uraian di atas telah menjelaskan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam menyelesaikan soal-soal
matematika ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki dalam memahami
soal, memilih pendekatan atau strategi pemecahan, menyelesaikan model, serta
menafsirkan solusi.
Daftar Pustaka :
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika
Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Depdiknas.
Wonosetyabudhi. 2003. Langkah Awal
Menuju ke Olimpiade Matematika. Jakarta : CV. Ricardo.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
silahkan isi komentar dengan bahasa sopan