Social Icons

Jumat, 25 Desember 2015

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika


Guna lebih meningkatkan prestasi belajar matematika, terutama dalam menyelesaikan soal-soal matematika ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki. Menurut Depdiknas (2003: 12) beberapa keterampilan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah adalah:
a.   Memahami soal, yaitu memahami dan mengidentifikasi fakta atau informasi yang diberikan, apa yang ditanyakan, diminta untuk dicari, atau dibuktikan.

b.   Memilih pendekatan atau strategi pemecahan, misalkan menggambarkan masalah dalam bentuk diagram, memilih dan menggunakan pengetahuan aljabar yang diketahui dan konsep yang relevan untuk membentuk model atau kalimat matematika.
c.   Menyelesaikan model, yaitu melakukan operasi hitung secara benar dalam menerapkan strategi untuk mendapatkan solusi dari masalah.
d.  Menafsirkan solusi, yaitu memperkirakan dan memeriksa kebenaran jawaban, masuk akalnya jawaban, dan apakah memberikan pemecahan terhadap masalah semula.
Pendapat lain dikemukakan oleh Polya dalam Wonosetyabudhi (2003: 2) yang menyebutkan ada empat langkah yang perlu dilakukan dalam menyelesaikan soal, yaitu : memahami soal yang ada, menyusun strategi, melakukan strategi yang dipilih, dan melihat kembali pekerjaan yang telah dilakukan.
a.       Memahami soal yang ada
Dalam memahami soal hendaknya diperhatikan apakah arti semua kata yang digunakan dapat diketahui, selain mengetahui apa yang dicari atau ditanyakan. Kemudian hendaknya kita mampu menyajikan soal dengan menggunakan kata-kata sendiri. Jika diperlukan dapat digambar untuk membantu memahami. Perlu juga dipahami apakah terdapat yang perlu dicari sebelum menjawab soal.
b.      Menyusun strategi
Untuk menyelesaikan masalah dalam soal, hendaknya disusun strategi yang baik, diusahakan jangan ragu-ragu untuk mencoba salah satu strategi guna digunakan menyelesaikan masalah. Pada umumnya, strategi berhasil ditemukan setelah beberapa kali mencoba strategi yang gagal. Kegagalan adalah satu langkah yang kecil untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
c.       Melakukan strategi yang dipilih
Langkah ini lebih mudah dibandingkan menyusun strategi. Di sini hanya diperlukan kesabaran dan kehati-hatian untuk menjalankan.
d.      Melihat kembali pekerjaan yang telah dilakukan
Hal ini dimaksudkan untuk mengevaluasi, apakah terdapat kesalahan dalam jawaban atau penyelesaian yang diberikan.
Uraian di atas telah menjelaskan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dalam menyelesaikan soal-soal matematika ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki dalam memahami soal, memilih pendekatan atau strategi pemecahan, menyelesaikan model, serta menafsirkan solusi.

Daftar Pustaka :
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.
Wonosetyabudhi. 2003. Langkah Awal Menuju ke Olimpiade Matematika. Jakarta: CV. Ricardo.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

silahkan isi komentar dengan bahasa sopan