Social Icons

Jumat, 25 Desember 2015

Rumusan, Tujuan Masalah dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka rumusan masalah adalah :
1. Apakah dengan menggunakan alat peraga kongkret dan semi kongkret dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada materi pembelajaran operasi penjumlahan pecahan ?
2. Apakah dengan menggunakan keterampilan mengajar yang tepat dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan pecahan ?
3. Apakah dengan menggunakan keterampilan mengajar yang tepat dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah Jepang ?
4. Apakah dengan strategi mengajar yang tepat dapat mendorong siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah Jepang ?

C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1. Tujuan Umum
Tujuan umum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru profesional serta memberi wawasan terhadap diri sendiri akan peranannya sebagai guru dalam meningkatkan kualitas kinerja yang telah dimiliki berdasarkan refleksi.
2. Tujuan Khusus
a. Meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi siswa mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan pecahan melalui penggunaan alat peraga kongkret dan semi kongkret yang menunjang materi pembelajaran serta dengan keterampilan yang tepat digunakan dalam proses pembelajaran.
b. Meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan pecahan melalui penggunaan keterampilan mengajar yang tepat.
c. Meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah Jepang melalui penggunaan keterampilan mengajar yang tepat.
d. Meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah Jepang melalui strategi mengajar yang tepat dapat mendorong siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.


D. Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diperoleh manfaat bagi siswa, guru dan sekolah.
1. Manfaat Bagi Siswa
a. Siswa gemar mempelajari mata pelajaran matematika dan IPS.
b. Siswa yang pandai lebih percaya diri dan bertanggung jawab atas prestasi yang dicapai.
c. Siswa yang kurang pandai tidak akan merasa disampingkan atau dikucilkan di kelasnya.
d. Perbedaan rentang nilai siswa yang pandai dan yang kurang pandai tidak terlampau jauh.
2. Manfaat Bagi Guru
a. Menambah wawasan tentang cara mengadakan perbaikan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang memerlukan perbaikan.
b. Dapat mengetahui aktifitas siswa secara keseluruhan.
c. Dapat mengetahui hasil belajar siswa secara keseluruhan.
d. Penyampaian materi pembelajaran tidak terjadi berulang-ulang.
3. Manfaat Bagi Sekolah
a. Prestasi rata-rata siswa dapat meningkat
b. Kualitas pendidikan meningkat
c. Kuantitas keberhasilan belajar meningkat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

silahkan isi komentar dengan bahasa sopan